zwani.com myspace graphic comments

Jumat, 22 Juli 2011

Colorful Life Forms In Ocean Water

Lautan, yang menutupi sebagian besar permukaan Bumi, adalah bagian tak ternilai sebagai penyeimbang alam raya. Banyak peristiwa alam di atmosfer, dari hujan hingga pembentukan angin dan iklim, dimungkinkan oleh keberadaan lautan. Selain itu, lautan menjadi tempat hidup miliaran bentuk kehidupan. Keanekaragaman ini, yang melingkupi wilayah di kedalaman ratusan meter, atau bahkan ribuan meter di bawah permukaan laut, sama menakjubkannya sebagaimana di permukaannya. Keindahan di dasar lautan ini menghamparkan ciptaan tak tertandingi milik Allah, beserta segenap rangkaian seluk beluk terkaitnya, di depan mata kita.

Simaklah Surat An Nahl:14. Ayat tersebut berbunyi: "Dan Dialah Allah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar, dan kamu mengeluarkan dari lautan perhiasan yang kami pakai. Kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya supaya kamu bersyukur"

Sejak 15 abad yang lalu Alquran berbicara soal manfaat laut bagi peningkatan taraf hidup manusia. Kini terbukti, negara-negara yang pandai memanfaatkan potensi lautnya, bakal mendapat kekayaan yang sangat berlimpah. Selain mengandung banyak makanan, dan perhiasan, laut juga bisa menyimpan banyak bahan tambang, bisa menjadi jalur transportasi yang murah, dan sebagainya.  Banyak sekali informasi penting soal lautan yang terkandung dalam Alquran, hal ini membuat ayat-ayat Alquran lebih mudah dipahami dan diyakini kebenarannya.

Merasakan hangatnya sinar matahari yang tembus hingga ke dasar perairan tropis, di sana kita bisa menemui beberapa ikan langka yang mungkin seumur hidup baru kita lihat.  Bagi kita yang tidak memungkinkan untuk melakukan diving hingga ke laut dalam, menikmati indahnya gambar-gambar mahluk yang hidup di perairan, sudah meruapak pengalaman yang tak terlupakan bagi mata yang melihatnya.  Untuk itu saya ingin berbagi beberapa gambar species ikan yang indah, beberapa saya tahu namanya dan beberapa lagi tidak.

Mandarin Fish (Syncirophus splendidus)
Berukuran kecil, berwarna cerah, termasuk family dragonet. Species ini tidak terlalu dikenal, namun ikan ini merupakan ikan yang paling berwarna yang pernah saya lihat.  Mandarin Fish adalah ikan yang berasal dari perairan Pasifik, mulai dari kepulauan Ryukyu hingga ke selatan Australia.


Clown Trigger Fish 
Triggerfishes terdiri dari 40 species yang berwarna cerah, dari family Balistidae.  Ciri-cirinya adalah terdapat garis dan spot, merupakan penghuni laut tropis dan sub-tropis, paling banyak dijumpai di Indo-Pasifik.  Kebanyakan ditemukan diperairan dangkal, daerah pesisir, terutama pada terumbu karang.  Spesies yang paling indah dan menakjubkan adalah ClownTriggerfish.

Nudibranch
Nudibranc dimasukkan ke dalam taksonomi non-ikan.  Nudibranch juga disebut “siput laut”, ini merupakan istilah non-ilmiah.  Oleh sebab itu banyak orang yang beranggapan bahwa siput laut pastilah nudibranch, padahal tidak demikian.  Nudibranch terdiri dari banyak species, dan mereka adalah kelompok yang paling berwarna.

Clownfish dan Anemon Laut
Clownfish yang colorfull berenang di antara Anemon Laut.  Anemon terdiri dari berbagai macam bentuk dengan warna yang mempesona dan merupakan hewan invertebrata.  Ujung bawah dari anemon menancap ke dasar laut dan ujung atas (mulut) dikelilingi oleh tentakel.

Clown Anemonfish
Ikan ini terdiri dari warna orange dan putih, hidup berdampingan dengan anemon laut.

Jellyfish (ubur-ubur)
Ubur-ubur dapat hidup di perairan yang hangat maupun dingin, disepanjang garis pantai atau di kedalaman perairan.  Tubuh ubur-ubur 95% adalah air, meskipun ubur-ubur tidak memiliki organ otak, namun mereka cukup pintar untuk bisa bertahan hidup selama lebih 500 juta tahun.

Stingray (Ikan Pari)
Ikan pari sering berkumpul dalam kelompok-kelompok di dekat permukaan, terbang atau meluncur di atas permukaan air dengan mengepakkan sirip dadanya, dan bahkan kadang-kadang bisa melompat seperti lumba-lumba.



Sea Horse (Kuda Laut)
Kuda laut adalah jenis ikan dari genus Hippocampus dan family Syngnathidae.  Ikan ini dapat ditemukan diperairan tropis.  Kuda laut adalah satu-satunya species yang unik dimana jantannya dapat hamil. Sirip dorsal pada kuda laut terletak pada bagian bawah sedangkan sirip pektoralnya terletak pada bagian kepala, di dekat insang. Beberapa spesies kuda laut berwarna transparan sebagian, sehingga tidak mudah terlihat. Populasi kuda laut terancam karena penangkapan yang berlebihan. Kuda laut dimanfaatkan pada herbologi tradisional Tiongkok dan sebanyak 20 juta kuda laut telah ditangkap setiap tahunnya untuk keperluan ini.


















Credit to: 
Salman Aslam
Harun Yahya TV
National Geography



Tidak ada komentar:

Posting Komentar