zwani.com myspace graphic comments

Rabu, 17 November 2010

Tempat Bersejarah di Jazirah Arab


Sejarah agama Islam yang panjang meninggalkan beberapa tempat bersejarah yang masih dapat dilihat sampai saat ini.  Tempat bersejarah tersebut sangat penting artinya bagi umat Islam karena mempunyai nilai historis yang tinggi.  Berikut ini adalah beberapa bangunan dan tempat bersejarah bagi umat Islam yang terletak di wilayah Jazirah Arab.

Masjidil Haram
Masjidil Haram yang terletak di tengah kota Mekah merupakan masjid tertua di dunia.  Masjid ini selalu ramai dikunjungi umat Islam untuk beribadah shalat, umrah, haji, dan belajar ilmu agama.  Masjidil Haram memiliki tujuh menara dan 19 pintu gerbang yang masing-masing mempunyai nama tersendiri seperti As-Salam (pintu salam), tempat orang pertama memasukinya dan akan melakukan tawaf; As-Safa (pintu safa), pintu keluar menuju Bukit Safa untuk melakukan sai.  Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka’bah, maqam Nabi Ibrahim AS, Hajar Aswad (batu hitam) dan mata air Zamzam.
 Masjidil Haram tampak depan
Masjidil Haram dengan lautan manusia


Masjidil Aqsha
Masjid tertua kedua di dunia setelah Masjidil Haram.  Masjidil Aqsha terletak di dalam suatu kompleks di kota Yerusalem, Palestina.  Masjidil Aqsha disebut dalam Al-Qur’an karena berkaitan dengan peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW melakukan Isra (perjalanan malam hari) dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, sebelum bermi’raj ke Sidratulmuntaha.  Masjidil Aqsha termasuk di antara masjid yang perlu dikunjungi oleh kaum muslimin sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW.  Dalam kompleks Masjidil Aqsha terdapat pula Qubbah As-Sakhrah atau Masjid Umar (The Dome of the Rock).  Masjidil Aqsha dibangun di atas lokasi Kenisah Sulaiman atau Haykal Sulaiman (tempat ibadah Yahudi).
 
Masjid Nabawi
Masjid Nabawi merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW setelah hijrah ke Madinah.  Lokasi Masjid Nabawi adalah di kota Madinah, Arab Saudi.  Masjid Nabawi dibangun pada bulan Rabiulawal (01 September 622).  Pada zaman Nabi dan Khulafa Ar-Rasyidun (tempat Khalifah besar), Masjid Nabawi berfungsi sebagai tempat beribadah, menuntut ilmu, dan merencanakan kegiatan kemasyarakatan.  Hingga kini jamaah haji selalu berziarah ke makam Nabi Muhammad yang terletak di dalam kompleks Masjid Nabawi.  Selain itu, di Masjid Nabawi terdapat pula makam Abubakar As-Siddiq dan Umar Bin Khatab.  Pada bagian lain dari masjid terdapat taman (raudah) yang terletak di antara bekas rumah Nabi dan mimbarnya.
 Masjid Nabawi terlihat bersih
 Kakakku (bermukena) di salah satu sudut Masjid Nabawi
 
Safa dan Marwah
Bukit Safa dan Marwah terletak di sebelah selatan dan utara Masjidil Haram, Mekah.  Bukit Safa dan Marwah merupakan tempat Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS, mencarikan air untuk anaknya, Ismail.  Siti Hajar berlari mendaki Bukit Safa kemudian turun menuju Bukit Marwah sampai tujuh kali dan akhirnya secara tiba-tiba keluarlah air zamzam dari dalam tanah.  Peristiwa ini kemudian diabadikan umat Islam dengan melakukan Sai (lari-lari kecil) pada saat menunaikan ibadah Haji.
 
Gua Hira
Gua Hira adalah suatu celah sempit di Gunung Hira atau Jabal An-Nur (gunung cahaya). Lokasi Gua Hira terletak dipinggir jalan menuju Ji’ranah, kurang lebih 6 km di sebelah timur laut kota Mekah, Arab Saudi.  Gua ini digunakan Nabi Muhammad SAW untuk bertafakur dan beribadah sebelum menjadi nabi dan menerima wahyu pertama dari Allah SWT sekaligus dinobatkan sebagai rasul.
 
Arafah
Arafah adalah padang pasir yang dijadikan tempat pelaksanaan wukuf (berdiam diri sejenak) bagi jamaah Haji.  Padang Arafah terletak sekitar 25 km dari Mekah, Arab Saudi.  Di tempat ini Nabi Muhammad SAW menyampaikan khutbah terakhir tentang inti ajaran Islam.  Di tengah-tengah padang Arafah terdapat bukit-bukit kecil yang dinamakan “Jabal Rahmah” yang dipercaya sebagai tempat Nabi Adam AS dan Hawa bertemu kembali setelah terpisah karena diusir dari Surga. 
 Wukuf di Padang Arafah
 Tenda-tenda jamaah Haji di Arafah
 Mama (berkacamata) di depan tendanya
 Mama berpose di Jabal Rahma
Mungkin itulah sebabnya perbukitan itu disebut Jabal Rahma (bukit penuh rahmah).  Dalam pertemuan yang penuh rahmah itu, Adam dan Hawa saling memahami keadaan masing-masing sehingga lahirlah keluarga dan kehidupan sosial pertama di dunia.

Lembah Badar
Lembah Badar terletak diantara Mekah dan Madinah, merupakan suatu daerah subur yang mempunyai sumber air.  Lembah Badar adalah tempat terjadinya Perang Badar (tahun kedua Hijriah) antara kaum muslim dan kaum kafir Quraish.  Perang Badar disebut sebagai perang akidah karena perang ini terjadi untuk membela kebenaran tentang ajaran Islam.  Dalam pertempuran ini, kaum muslim mendapat kemenangan besar sehingga perang ini disebut juga Perang Badar Al-Kubra (yang besar).
 
Bukit Uhud
Bukit Uhud terletak sekitar empat kilometer sebelah timur laut Madinah merupakan tempat berlangsungnya perang Uhud (tahun ketiga Hijriah).  Perang Uhud terjadi antara kaum muslimin dan kaum musyrikin Quraish.  Meskipun memperoleh kemenangan, kaum muslim mengalami kerugian akibat banyaknya pahlawan muslimin yang gugur dalam perang ini, salah satunya adalah Hamzah bin Abdul Muthalib paman Nabi Muhammad SAW.
 
Masjid Quba
Masjid Quba merupakan masjid pertama yang didirikan Nabi Muhammad SAW pada saat hijrah ke Madinah (tahun 622 M).  Masjid ini terletak sekitar lima kilometer dari Masjid Nabawi di Madinah.  Nabi Muhammad membangun sendiri arah kiblat masjid ini dari batu.  Arah kiblat ini mengalami dua kali perubahan.  Pada awalnya arah kiblat menghadap ke Baitulmakdis (Yerusalem), kemudian diubah menjadi ke arah Ka’bah (Mekah).  Masjid Quba mengalami beberapa kali perbaikan dan perluasan. Meskipun secara ukuran masjid ini lebih kecil dibandingkan dengan masjid bersejarah lainnya, namun Masjid Quba menjadi salah satu tempat Ziarah penting di Madinah.
 
Bukit Mina
Bukit Mina merupakan kawasan perbukitan sepanjang 3.2 km yang terletak di antara kota suci Mekah dan Musdalifah.  Di Bukit Mina terdapat tiga buah tugu atau jamrah yang wajib dilempar oleh setiap orang yang melakukan ibadah haji.  Ketiga tugu disebut Jumrah Ula (pertama) atau biasa disebut juga Jumrah Sugra, Jumrah Wusta (tengah), Jumrah Aqobah (akhir) yang biasa disebut Jumrah Kubra.  Ketiga Jumrah tersebut merupakan perwujudan dari iblis yang ingin menggagalkan perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS untuk mengurbankan putranya, Ismail AS.
 Terowongan Mina
 Melontar Jumrah


Sumber Majalah Muzakki Edisi November 2010

2 komentar:

  1. Wow keren makasih ya atas infonya.

    BalasHapus
  2. Gambar yang kedua bukan gambar Masjid Al Aqsha, tapi Qubbah As-Sakhrah (The Dome of the Rock). Mohon diganti untuk menghindarkan salah pengertian.

    BalasHapus